HAKIKAT MANUSIA, HAKIKAT PENDIDIKAN DAN TUJUAN PENDIDIKAN

October 2, 2012 at 4:20 am Leave a comment

Oleh :

Munawar dan Mujiono**

 

  1. A.    PENDAHULUAN

Hakikat manusia dari sisi penciptaannya adalah makhluk yang sempurna karena dibekali dengan akal. Maka dengan akal itulah manusia itu akan selalu berfikir tentang kelangsungan hidupnya dan generasinya. Manusia akan selalu berupaya untuk menemukan berbagai cara untuk survive baik bagi dirinya maupun keturunan atau generasinya, sekaligus meningkatkan kualitas kehidupannya baik fisik maupun non fisik yang berlangsung secara alami. Hal tersebut merupakan hakikat pendidikan secara umum.

Seiring perkembangan peradaban manusia, pendidikan dilaksanakan secara lebih sistematis dan terorganisir dalam bentuk pendidikan formal di sekolah. Dalam hal ini manusia pada dasarnya bisa sebagai subyek sekaligus obyek dari pendidikan. Sebagai subyek pendidikan berarti mereka berperan aktif dalam proses dan pelaksanaannya, mereka bertanggung jawab sebagai perencana, pengelola sekaligus pihak yang harus mengevaluasi dan mengawasi proses berlangsungnya pendidikan tersebut. Sedangkan sebagai obyek berarti mereka menjadi sasaran yang harus digarap dan dituju oleh pendidikan (khususnya manusia yang belum dewasa).

Dari hakikat manusia dan hakikat pendidikan yang ibarat dua sisi mata uang tersebut , jelaslah bahwa pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia, baik pendidikan yang berlangsung secara alami oleh orang tua atau masyarakat terlebih pendidikan tersistem yang diselenggarakan oleh sekolah. Jadi kesimpulannya adalah manusia memiliki beberapa potensi yang ada pada dirinya, yaitu potensi intelektual, rasa. karsa, karya dan religi yang bisa dan akan ditumbuh dan kembangkan melalui proses pendidikan yang baik dan terarah.

Dalam makalah ini akan dibahas tentang ‘Hakikat Manusia, Hakikat Pendidikan dan Tujuan Pendidikan’. Dengan pemahaman yang baik dan benar mengenai hal-hal tersebut  maka orang-orang yang berkecimpung dalam dunia pendidikan diharapkan mampu melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai insan pendidikan dengan tidak mengabaikan atau meninggalkan tanggung jawabnya.

Selanjutnya dengan berbekal makalah yang sederhana ini mari kita berdiskusi mengenai masalah tersebut untuk mencari dan menemukan pemahaman yang komprehensif dan jika mungkin berusaha untuk menciptakan ide-ide baru dan segar yang bisa mewarnai dan memberi corak kualitas keilmuan dunia pendidikan sehingga bisa membantu memberikan solusi masalah dan bukan malah menambah masalah di negeri yang sudah dirundung banyak masalah ini.

Read More HAKIKAT MANUSIA, HAKIKAT PENDIDIKAN, & TUJUAN PENDIDIKAN

Presentasi Power Point Presentasi Hakikat Manusia, Hakikat Pendidikan dan Tujuan Pendidikan

About these ads

Entry filed under: Education, Pasca Sarjana. Tags: .

DIARY KULIAH PERDANA CAUSAL-COMPARATIVE RESEARCH

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Promise

Asyhadu Alla illa ha illallah
Wa asyhadu anna Muhammadarrasuulullah

Islamic Quote of The Day

Asmaul Husna

Demi Masa

Islamic Calender

The Calender

October 2012
M T W T F S S
« Sep   Feb »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Go Green

Ayo Membaca

Categories

Recent Posts

Top Clicks

  • None

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: